Jahitan Tangan Dasar

Jahitan Tangan Dasar

cara membuat tusuk feston  cara mengunci jahitan tangan  cara menjahit kain flanel tusuk t Jahitan Tangan Dasar
Jahitan Tangan Dasar
cara mengakhiri jahitan tangan - Walaupun sudah ada mesin jahit modern yang memudahkan kita menjahit, anda tetap masih perlu menjahit dengan tangan untuk penyelesaian yang bermutu tinggi pada busana, mulai dari memindahkan tanda pola dengan jelujur, hingga menjahit kampuh akhir.

Beberapa jahitan dasar yang dilakukan dengan tangan antara lain

1. Menyimpul benang

Langkah menyimpul benang:
- Masukkan benang ke dalam jarum. Benang bisa dibuat sama panjang atau tidak. Jepit ujung benang antara ibu dari dan ujung telunjuk jari tangan kiri.
- Letakkan ujung jarum di atas ujung benang lalu putar 2-3 kali
- Loloskan hasil lilitan tersebut melewati jarum dan sepanjang benang hingga membentuk simpul di ujung benang

2. Simpul Gulung

Gulung benang di salah satu telunjuk. Lengkungkan benang di antara ibu jari dan telunjuk. Lepaskan simpul, tahan dengan ibu jari dan telunjuk. Tarik ujung yang lain untuk mematikan simpul.

3. Tusuk Tikam Jejak

Jahitan yang kuat untuk mengelim dan menjahit bagian bahan yang kecil. Buat tusuk kecil, kerjakan dari kiri dengan jarak yang konstan. Masukkan jarum pada awal tusukan tadi, dan bawa keluar kembali di tempat benang keluar.



4. Tusuk Jelujur


Jelujur Dasar: kerjakan di bagian yang buruk, dari kiri ke kanan. Masukkan jarum, keluarkan berjarak sekitar 0.5 cm - 1 cm. Buat tusukan seimbang panjangnya pada kedua sisi bahan.


Jelujur diagonal panjang: Untuk menyatukan dua potong bahan yang lebar. Buat tusukan sepanjang 2.5 cm, lalu naikkan dan buat tusukan lain membentuk diagonal panjang.

Jelujur diagonal pendek: Caranya sama seperti jelujur diagonal panjang, hanya jahitannya lebih rapat dan pendek. Cara yang cepat untuk menyatukan beberapa lapis bahan seperti ketika membuat lipit.

5. Tusuk Selip


Tusuk ini bisa digunakan untuk membuat kampuh atau menggabung dua lipatan. Untuk kampuh, lipat kedalam 1 cm tepi kain dan tahan dengan jarum pentul. Tusu jarum ke kain dasar menembus lipatan lalu keluarkan jarum 1 benang kain dan tarik ujung jarum.











6. Mengahiri Jahitan

Gunakan tusuk tikam jejak untuk mengakhiri jahitan permanen di atas beberapa tusukan akhir, lalu buat simpul kecil. Buat satu tusukan lagi di tempat itu, dan masukkan jarum melalui simpul pada tusuk pertama. Simpulkan benang sekecil mungkin pada bagian bahan yang buruk.

cara membuat tusuk feston

cara mengunci jahitan tangan

cara menjahit kain flanel tusuk tikam jejak

cara tusuk feston di kain strimin

cara menjahit tusuk rantai

cara menjahit tangan yang kuat

cara menjahit kain flanel di baju

cara menjahit manual dengan tangan

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara mengakhiri jahitan tangan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 25+ Model Baju Muslim Untuk Wanita Terbaru 2021 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://jahitsulam.blogspot.co.id/2021/12/jahitan-tangan-dasar.html
LihatTutupKomentar