Download Rpp Ppkn Smp Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

 RPP PPKN Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017
Berdasarkan Permendikbud No 22 Tahun 2016, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.


Komponen RPP terdiri atas:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. bahan pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untukpencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkanjumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yangharus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. bahan pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan bahan pelajaran;
k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. evaluasi hasil pembelajaran.

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut:
a. Perbedaan individual akseptor didik antara lain kemampuan awal,tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar,kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.
b. Partisipasi aktif akseptor didik.
c. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancanganprogram proteksi umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, acara pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi

Berikut ini saya sharekan RPP PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 semester 1 dan semester 2. Namun saya ingatkan RPP ini bukan produk tamat yang sanggup dipakai oleh setiap sekolah. Tentunya RPP PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 semester 1 dan semester 2 ini hanya dijadikan draf bagi Bapak/Ibu guru PPKn yang akan  menyusun RPP dan melakukan pembelajaran PPKn di kelas 7.

Ingat sesuai PP 19 Tahun 2017, menciptakan RPP merupakan kepingan dari beban kerja atau jam kerja guru. Oleh sebab itu, RPP harus dibentuk oleh guru yang bersangkutan. Sharekan Download RPP PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 semester 1 dan semester 2 ini mudah-mudahan bisa membantu Bapak/Ibu dalam penyusunan RPP baik sebagai draf maupun sebagai pembanding semoga guru PPKn mempunyai RPP yang betul-betul sanggup dipakai dalam proses pembelajaran.

 RPP Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 MAPEL PPKn


Link Download RPP PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 semester 1 (DISINI)

Link Download RPP PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 semester 2 (DISINI)

Link Download Silabus SMP/MTS Edisi Revisi 2017 (Disini)


Demikian info RPP PPKN Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017, semoga bermanfaat


======================================








= Baca Juga =



LihatTutupKomentar