BAB III
   BUKU RAPOR SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013
  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil evaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang renta dan pemerintah.
  Standar Penilaian Pendidikan pun menyebutkan bahwa laporan hasil evaluasi oleh pendidik berbentuk:
  1.    Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu.
  2.    Deskripsi sikap diberikan untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
  3.    Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
         Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik intinya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu disusunnya Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SMP untuk membantu sekolah membuatkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
         Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SMP dibutuhkan sanggup membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuatkan format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah disusun sekolah. 
  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66  Tahun 2013 Bab II, Bagian E poin e nomor 1) dan 2) menyatakan bahwa evaluasi pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas laporan hasil evaluasi oleh pendidik yang berbentuk:
  1.    Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu.
  2.    Deskripsi sikap, untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
         Penilaian oleh pendidik dilaksanakan secara berkesinambungan (terus- menerus) untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan selesai semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian oleh pendidik intinya dipakai untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik, dasar memperbaiki proses pembelajaran, dan materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru penerima didik.
         Laporan hasil berguru penerima didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang renta penerima didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi penerima didik. Oleh lantaran itu, laporan hasil berguru penerima didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga sanggup memperlihatkan citra mengenai hasil berguru penerima didik dengan terang dan gampang dimengerti.
         Direktorat Pembinaan SMP,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, memandang perlu menerbitkan Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik yang di dalamnya disajikan Model Rapor SMP, Petunjuk Teknis Pengelolaan Penilaian, dan Petunjuk Teknis Pengisian Rapor. Hal ini dilakukan untuk membantu para guru dalam satuan pendidikan melakukan pengisian laporan hasil berguru penerima didik dalam bentuk rapor.
     0000    
  A. MODEL RAPOR SMP
  CONTOH MODEL
  LAPORAN
   HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
 (SMP)
 Nama Peserta Didik
 |     |      
 NISN
 |     |      
 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
  REPUBLIK INDONESIA
  LAPORAN
   HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
 (SMP)
    0000    
  Nama Sekolah       :    ___________________________________
  NIS/NSS/NDS       :    ___________________________________
  Alamat Sekolah     :    ___________________________________
                                      ___________________________________
                                      Kode Pos ___________Telp.____________
  Kelurahan              :    ___________________________________
  Kecamatan            :     ___________________________________
  Kota/Kabupaten     :    ___________________________________
  Provinsi                  :    ___________________________________
  Website                  :    ___________________________________
  E-mail                    :    ___________________________________
     0000    
  PETUNJUK PENGGUNAAN
  1.    Buku Laporan Hasil Belajar ini dipergunakan selama penerima didik mengikuti pelajaran di SMP (SMP).
  2.    Apabila penerima didik  pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar dibawa oleh penerima didik yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagai bukti pencapaian kompetensi. 
  3.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar penerima didik yang bersangkutan hilang, sanggup diganti dengan buku Laporan Hasil Belajar Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal penerima didik dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  4.    Buku Laporan Hasil Belajar penerima didik ini harus dilengkapi dengan pas foto ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh wali kelas.
     0000    
  KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK
  Nama Peserta Didik (Lengkap)       :  ....................................................
  Nomor Induk                                    :  ....................................................
  Tempat  Tanggal Lahir                    :  ....................................................
  Jenis Kelamin                                  :  ....................................................
  Agama                                             :  ....................................................
  Status dalam Keluarga                    :  ....................................................
  Anak ke                                           :  ....................................................
  Alamat Peserta Didik                       :  ....................................................
  Nomor Telepon Rumah                   :  ....................................................
  Sekolah Asal                                    :  ....................................................
  11.Diterima di sekolah ini                
   Di kelas                                           :  ....................................................
   Pada tanggal                                   :  ....................................................
   Nama Orang Tua                           :  ....................................................
  a. Ayah                                            :  ....................................................
  b. Ibu                                                :  ....................................................
  Alamat  Orang Tua                               :  ....................................................
  Nomor Telepon Rumah                   :  ....................................................
  Pekerjaan Orang Tua                      :  ....................................................
  a. Ayah                                            :  ....................................................
  b. Ibu                                                :  ....................................................
  Nama Wali Peserta Didik                :  ....................................................
  Alamat Wali Peserta Didik               :  ....................................................
  Nomor Telpon Rumah                     :  ....................................................
  Pekerjaan Wali Peserta Didik          :  ....................................................
  Pas Foto   3 x 4   |     
                                                                                 Kepala Sekolah,
                                                                                  NIP
     0000    
  Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
  Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
  Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
  Nomor Induk/NISN  :  _______________                               
  CAPAIAN        
  MATA PELAJARAN   |          Pengetahuan   (KI 3)   |          Keterampilan   (KI 4)   |          Sikap Spiritual dan Sosial   (KI 1 dan KI 2)   |     |||||||
 Dalam Mapel   |          Antarmapel   |     |||||||||
 Kelompok A   |           |           |        SB/ B/ C/ K   |        Deskripsi   |    ||||||
 1   |        Pendidikan Agama   dan Budi Pekerti   |        Kesimpulan dari   sikap keseluruhan dalam mapel diputuskan melalui rapat koordinasi bersama   dengan guru mapel di kelas yang sama dan wali kelas.   |      ||||||||
 2   |        Pendidikan   Pancasila dan Kewarganegaraan   |           |           |        C   |      ||||||
 3   |        Bahasa Indonesia   |           |           |        B   |      ||||||
 4   |        Matematika   |           |           |        K   |      ||||||
 5   |        Ilmu Pengetahuan   Alam   |           |           |        C   |      ||||||
 6   |        Ilmu Pengetahuan   Sosial   |           |           |        C   |      ||||||
 7   |        Bahasa Inggris   |           |           |           |      ||||||
 Kelompok B   |           |           |           |       |||||||
 1   |        Seni Budaya   |           |           |           |       ||||||
 2   |        Pendidikan Jasmani,   Olah Raga, dan Kesehatan   |           |           |           |      ||||||
 3   |        Prakarya   |           |           |           |      ||||||
 Kegiatan   Ekstrakurikuler   |        Nilai   |        Keterangan   |      
 1. Praja Muda   Karana (Pramuka)   |           |           |      
 2. Usaha Kesehatan   Sekolah (UKS)   |           |           |      
 3. .............    |           |           |      
 Ketidakhadiran   |      
 Sakit                          : _____ hari   |      
 Izin                            : _____ hari   |      
 Tanpa   Keterangan     : _____ hari   |      
 Mengetahui:                                                            ....................., ...............20......
  Orang Tua/Wali,                                                      Wali Kelas,
  .                                           .                                   .                                            .
                                                                                  NIP ......................................  
     0000    
  Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
  Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
  Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
  Nomor Induk/NISN  :  _______________                               
  DESKRIPSI    
  MATA PELAJARAN   |          KOMPETENSI   |          CATATAN    |        |
 Kelompok A   |           |           |      |
 1   |        Pendidikan Agama   dan Budi Pekerti   |        Pengetahuan   |        deskripsi capaian   KD pada KI 3   |      
 Keterampilan   |        deskripsi capaian   KD pada KI 4   |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |        deskripsi capaian   KD pada KI 1 dan KI 2   |      ||
 2   |        Pendidikan   Pancasila dan Kewarganegaraan    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 3   |        Bahasa Indonesia   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 4   |        Matematika   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 5   |        Ilmu Pengetahuan   Alam   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 6   |        Ilmu Pengetahuan   Sosial   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 7   |        Bahasa Inggris   |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
  Sikap Spiritual dan Sosial   |           |      ||
 Kelompok B   |           |           |      |
 1   |        Seni Budaya    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 2   |        Pendidikan   Jasmani,                 Olah Raga, dan   Kesehatan    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 3   |        Prakarya    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 Mengetahui:                                                            ....................., ...............20......
  Orang Tua/Wali,                                                      Wali Kelas,
  .                                           .                                   .                                            .
                                                                                  NIP ......................................  
     0000    
  Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
  Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
  Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
  Nomor Induk/NISN  :  _______________                               
  CAPAIAN        
  MATA PELAJARAN   |          Pengetahuan   (KI 3)   |          Keterampilan   (KI 4)   |          Sikap Spiritual dan Sosial   (KI 1 dan KI 2)   |        ||
 Dalam Mapel   |          Antarmapel   |        ||||
 Kelompok A   |           |           |        SB/ B/ C/ K   |        Deskripsi   |      |
 1   |        Pendidikan Agama   dan Budi Pekerti   |          Kesimpulan dari sikap keseluruhan dalam   mapel diputuskan melalui rapat koordinasi bersama dengan guru mapel di kelas   yang sama dan wali kelas.   |      |||
 2   |        Pendidikan   Pancasila dan Kewarganegaraan   |           |           |        C   |      |
 3   |        Bahasa Indonesia   |           |           |        B   |      |
 4   |        Matematika   |           |           |        D   |      |
 5   |        Ilmu Pengetahuan   Alam   |           |           |        C   |      |
 6   |        Ilmu Pengetahuan   Sosial   |           |           |        C   |      |
 7   |        Bahasa Inggris   |           |           |           |      |
 Kelompok B   |           |           |           |      ||
 1   |        Seni Budaya    |           |           |           |       |
 2   |        Pendidikan Jasmani,   Olah Raga, dan Kesehatan    |           |           |           |      |
 3   |        Prakarya    |           |           |           |      |
 Kegiatan   Ekstrakurikuler   |        Nilai   |        Keterangan   |      
 1. Praja Muda   Karana (Pramuka)   |           |           |      
 2. Usaha Kesehatan   Sekolah (UKS)   |           |           |      
 3. .............    |           |           |      
 Ketidakhadiran   |      
 Sakit                          : _____ hari   |      
 Izin                            : _____ hari   |      
 Tanpa   Keterangan     : _____ hari   |      
 Mengetahui:                                                            ....................., ...............20......
  Orang Tua/Wali,                                                      Wali Kelas,
  .                                           .                                   .                                            .
                                                                                  NIP ......................................  
     0000    
  Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
  Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
  Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
  Nomor Induk/NISN  :  _______________                               
  DESKRIPSI    
  MATA PELAJARAN   |          KOMPETENSI   |          CATATAN    |        |
 Kelompok A   |           |           |      |
 1   |        Pendidikan Agama   dan Budi Pekerti   |        Pengetahuan   |        deskripsi capaian   KD pada KI 3   |      
 Keterampilan   |        deskripsi capaian   KD pada KI 4   |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |        deskripsi capaian   KD pada KI 1 dan KI 2   |      ||
 2   |        Pendidikan   Pancasila dan Kewarganegaraan    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 3   |        Bahasa Indonesia   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 4   |        Matematika   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 5   |        Ilmu Pengetahuan   Alam   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 6   |        Ilmu Pengetahuan   Sosial   |        Pengetahuan   |           |      
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 7   |        Bahasa Inggris   |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
  Sikap Spiritual dan Sosial   |           |      ||
 Kelompok B   |           |           |      |
 1   |        Seni Budaya    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 2   |        Pendidikan   Jasmani,                 Olah Raga, dan   Kesehatan    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 3   |        Prakarya    |        Pengetahuan   |       |
 Keterampilan   |           |      ||
 Sikap Spiritual dan   Sosial   |           |      ||
 Orang Tua/Wali,                                                             ----------------------------   |           |        Keputusan:   Berdasarkanhasil yang   dicapai pada       semester 1 dan 2,   pesertadidikditetapkan   naikkekelas        ( _______________)   tinggal di kelas   (________________) _____________20__   Kepala SMP   ______________________________   _____________________________     NIP       |      
    0000    
  KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
  NAMA PESERTA DIDIK : __________________
  KELUAR   |      |||
 Tanggal    |        Kelas yang   Ditinggalkan   |        Sebab-sebab Keluar   atau Atas Permintaan (Tertulis)   |        Tanda Tangan Kepala   Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali   |      
|     |           |           |        __________,   ___________   Kepala Sekolah,   NIP   Orang Tua/Wali,   |      
|     |           |           |        __________,   ___________   Kepala Sekolah,   NIP   Orang Tua/Wali,   |      
|     |           |           |        __________,   ___________   Kepala Sekolah,   NIP   Orang Tua/Wali,   |      
    0000    
  KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
  NAMA PESERTA DIDIK        : __________________
  NO.   |        MASUK   |      ||
 1   2   3   4   5   |        Nama Peserta Didik   Nomor Induk   Nama Sekolah   Masuk di Sekolah   ini:   Tanggal    Di Kelas   Tahun Pelajaran   |        _________________   _________________   _________________   _________________   _________________   _________________   |        _______, _________   Kepala Sekolah,   NIP   |      
 1   2   3   4   5   |        Nama Peserta Didik   Nomor Induk   Nama Sekolah   Masuk di Sekolah   ini:   Tanggal    Di Kelas   Tahun Pelajaran   |        _________________   _________________   _________________   _________________   _________________   _________________   |        _______,__________   Kepala Sekolah,   NIP   |      
 1   2   3   4   5   |        Nama Peserta Didik   Nomor Induk   Nama Sekolah   Masuk di Sekolah   ini:   Tanggal    Di Kelas   Tahun Pelajaran   |        _________________   _________________   _________________   _________________   _________________   _________________   |        __________, _____   Kepala Sekolah,   NIP.   |      
    0000    
  Catatan Prestasi yang Pernah Dicapai
  Nama Peserta Didik        :       ……………………………………………….
  Nama Sekolah                :       ……………………………………………….
  Nomor Induk                   :       ……………………………………………….
  No.   |        Prestasi yang   Pernah Dicapai   |        Keterangan   |      
 1   |        Kurikuler   |        _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   ________________________________________   |      
 2   |        Ekstra Kurikuler   |        _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   |      
 3   |        Catatan Khusus   Lainnya   |        _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   _________________________________________   |      
    0000    
  B. PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PENILAIAN 
         Penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. 
         Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan memakai skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang sanggup dikonversi ke dalam Predikat A - D, sedangkan kompetensi sikap memakai skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), danKurang (K), sepertipadaTabel 1 di bawahini. 
  Tabel 1 : Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
  PREDIKAT   |        NILAI KOMPETENSI   |      ||
 PENGETAHUAN   |        KETERAMPILAN   |        SIKAP   |      |
 A   |        4   |        4   |        SB   |      
 A-   |        3.66   |        3.66   |      |
 B+   |        3.33   |        3.33   |        B   |      
 B   |        3   |        3   |      |
 B-   |        2.66   |        2.66   |      |
 C+   |        2.33   |        2.33   |        C   |      
 C   |        2   |        2   |      |
 C-   |        1.66   |        1.66   |      |
 D+   |        1.33   |        1.33   |        K   |      
 D   |        1   |        1   |      |
 Penilaian yang dilakukan untuk mengisi laporan hasil belajar  ada 3 (tiga) macam, yaitu:
  1.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
  a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
  b.    Penilaian Pengetahuan terdiri atas: 
  1.    Nilai Harian (NH)
  2.    Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
  3.    Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
  c.    Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap selesai pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD). 
  d.    Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester meliputi seluruh kompetensi yang telah dibelajarkan hingga dengan dikala pelaksanaan UTS. 
  e.    Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di selesai semester. Materi UAS meliputi seluruh kompetensi pada semester tersebut.
  f.     Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.
  g.    Penilaian Kompetensi pengetahuan sanggup menggunakan  rentang nilai menyerupai pada tabel 2 untuk membantu guru dalam memilih nilai.
  Tabel 2 : Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
  No.   |        Nilai   |        Predikat   |      
 1   |        0,00 ˂  Nilai       ≤     1,00   |        D.   |      
 2   |        1,00 ˂  Nilai       ≤     1,33   |        D+   |      
 3   |        1,33 ˂  Nilai       ≤     1,66   |        C-.   |      
 4   |        1,66 ˂  Nilai       ≤     2,00   |        C   |      
 5   |         2,00˂    Nilai     ≤     2,33   |        C+   |      
 6   |        2,33 ˂  Nilai       ≤     2,66   |        B-   |      
 7   |        2,66 ˂   Nilai      ≤     3,00   |        B   |      
 8   |        3,00 ˂   Nilai      ≤     3,33   |        B+   |      
 9   |        3,33 ˂   Nilai      ≤     3,66   |        A-   |      
 10   |        3,66 ˂   Nilai      ≤     4,00   |        A   |      
 h.    Penghitungan Nilai Pengetahuan yaitu dengan cara :
  1.    Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
  2.    Menetapkan pembobotan dan rumus.
  3.    Penetapan bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan penerima didik.
  4.    Nilai harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS lantaran lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi penerima didik.
  5.    Rumus: 
  6.    Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 untukNH : NUTS : NUAS  (jumlah perbandingan pembobotan = 4
  Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai berikut:
  NH                  = 70,
  NUTS             = 60,
  NUAS             = 80
  Nilai Rapor    = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4
  = (140+60+80) : 4
  = 280: 4
  Nilai Rapor    = 70
  Nilai Konversi           =  (70 :100)  x 4 = 2,8  = Baik
  Deskripsi        = sudah menguasai seluruh kompetensi denganbaik namun masih perlu peningkatan dalam .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang baik atau pengamatan dalam evaluasi proses ).
  2.    Penilaian Keterampilan
  a.    Penilaian Keterampilan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik).
  b.    Penilaian Keterampilandiperoleh melalui evaluasi kinerja yang terdiri atas: 
  1.    NilaiPraktik
  2.    Nilai Portofolio
  3.    Nilai Proyek
  c.    Penilaian Keterampilan dilakukan pada setiap selesai menuntaskan satu KD.
  d.    Penentuan Nilaiuntuk Kompetensi Keterampilanmenggunakan rentang nilai menyerupai evaluasi Pengetahuan pada tabel 2
  e.    Penghitungan Nilai Kompetensi Keterampilan yaitu dengan cara:
  1.    Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
  2.    Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
  3.    Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan penerima didik.
  4.    Nilai Praktik disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Nilai Portofolio dan Proyek lantaran lebih mencerminkan proses perkembangan pencapaian kompetensi penerima didik.
  5.    Rumus:           Jumlah Nilai (Praktik, Portofolio, Projek)   X 4
                                                  Jumlah nilai maksimal
  6.    Contoh Penghitungan
  Pembobotan  2 : 1 : 1 untuk Nilai Praktik : Nilai Portofolio : Nilai Proyek (jumlah perbandingan pembobotan = 4
  Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi    pekerti sebagai berikut :
  Nilai Praktik               =  80 
  Nilai Portofolio          =  75
  Nilai Proyek              =  80
              Nilai Rapor                = (2x800 + (1x75) + (1x80) X 4
  400
              = (160+75+80)  X 4
  400
  Nilai Rapor                = (315:400) X 4
  Nilai Konversi           = 3,15 = B+
              Deskripsi                  =  sudah baik dalam mengerjakan praktik dan proyek, namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan       tugas-  tugas dalam satu portofolio. 
  3.    Penilaian Sikap
  a.    Penilaian Sikap (spiritual dan sosial) dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
  b.    Penilaian Sikapdiperoleh memakai instrumen: 
  1.    Penilaian observasi          
  2.    Penilaian diri sendiri
  3.    Penilaian antar penerima didik
  4.    Jurnal catatan guru
  c.    Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu pada sepanjang proses  pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)
  d.    Untuk evaluasi Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1danKI-2) memakai nilai Kualitatif menyerupai pada tabel 3 sebagai berikut:
  e.    Tabel 3 : Rentang Nilai Kompetensi Sikap
  No.   |        Nilai   |        Predikat   |        Nilai Sikap   |      
 1   |        0,00   ˂      Nilai    ≤      1,00   |        D   |        KURANG   |      
 2   |        1,00   ˂      Nilai    ≤     1,33   |        D+   |      |
 3   |        1,33   ˂      Nilai    ≤     1,66   |        C-.   |        CUKUP   |      
 4   |        1,66   ˂      Nilai    ≤     2,00   |        C   |      |
 5   |        2,00   ˂      Nilai    ≤     2,33   |        C+   |      |
 6   |        2,33   ˂      Nilai  ≤     2,66   |        B-   |        BAIK   |      
 7   |        2,66   ˂    Nilai      ≤     3,00   |        B   |      |
 8   |        3,00   ˂      Nilai    ≤     3,33   |        B+   |      |
 9   |        3,33   ˂      Nilai    ≤     3,66   |        A-   |        SANGAT BAIK   |      
 10   |        3,66   ˂      Nilai    ≤     4,00   |        A   |      
 f.     Penghitungan Nilai Sikap yaitu dengan cara :
  1.    menentukan Skala evaluasi sikap dibentuk dengan rentang antara 1 - 4, rujukan :
   b.    = kurangkonsisten; 
  c.    = mulaikonsisten; 
  d.    = konsisten; 
  2.    Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
  3.    Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan penerima didik
  4.    Nilai Proses atau Nilai Observasi disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarteman, dan Nilai Jurnal Guru lantaran lebih lebih mencerminkan proses perkembangan sikap penerima didik yang otentik. 
  5.    Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi : Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarteman : Nilai Jurnal Guru (jumlah perbandingan pembobotan = 5.
  6.    Rumus penghitungan: 
  Jumlah nilai (Observasi,diri sendiri,antar teman,jurnal)
  --------------------------------------------------------------------                  x 4
  Jumlah Nilai maksimal
  Siswa A dalam mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti memperoleh :
  Nilai Observasi                    =  4
  Nilai diri sendiri                   =  3
  Nilai antarpeserta didik      =  3
  Nilai Jurnal                           =  4
  Nilai Rapor                           = {(2x4)+(1x3)+(1x3)+(1x4)} : 20 x 4    
                                                 = (18:20) x 4 = 3, 6
  Nilai Konversi                      = 3,6 =  Sangat Baik 
  Deskripsi                                = Memiliki sikap SangatBaikselama dalam proses pembelajaran,. 
  4.    KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 
  a.    KKM ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan : karakteristik kompetensi dasar, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
  b.    KKM tidak dicantumkan dalam  buku hasil belajar, melainkan pada buku evaluasi guru.
  c.    Peserta didik yang sudah mencapai atau melampaui KKM, diberi acara Pengayaan.
  d.    Keterangan ketuntasan : 
  1.    Kompetensi pengetahuan dan keterampilan dinyatakan tuntas apabila mencapai nilai 2.66
  2.    Kompetensi sikap spiritual dan sosial dinyatakan tuntas apabila mencapai nilai Baik
  e.    Implikasi dari ketuntasan berguru tersebut yaitu sebagai berikut. 
  1.    Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diberikan remedial individual sesuaidengankebutuhankepadapesertadidik yang memperolehnilaikurangdari 2.66; 
  2.    Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diberikankesempatanuntukmelanjutkanpelajarannyake KD berikutnyakepadapesertadidik yang memperolehnilai 2.66 ataulebihdari 2.66; dan
  3.    Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diadakan remedial klasikalsesuaidengankebutuhanapabilalebihdari 75% pesertadidikmemperolehnilaikurangdari 2.66. 
  4.    Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, pembinaanterhadappesertadidik yang secaraumumprofilsikapnyabelumberkategoribaikdilakukansecaraholistik (paling tidakoleh guru matapelajaran, guru BK, dan orang tua). 
  f.     Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila terdapat minimal salah satu kompetensi dari tiga mata pelajaran tidak tuntas.
  C. PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN RAPOR SMP
  1.    Buku laporan hasil berguru diisi dengan goresan pena yang rapi dan jelas.
  2.    Nama penerima didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan penerima didik siswa di lembar 2 ditulis memakai abjad kapital yang terang dan rapi.
  3.    Lembar 2 yang berisi data penerima didik, dilengkapi dengan foto penerima didik terbaru berukuran 3 x 4.
  4.    Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan: 
  a.    Identitas Satuan Pendidikan dan identitas penerima didik. 
  b.    Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan didisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa angka Predikat D sd A.
  c.    seperti pada Tabel2
  5.    Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI1 dan KI2), dalam kolom Mapel diisi dengan predikat menyerupai pada Tabel 3
  SB      =  Sangat Baik        
  B         =  Baik                      
  C         =  Cukup                  
  K         =  Kurang    
  6.    Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI1 dan KI2) antarmapel diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap penerima didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama (lihat rujukan dalam lampiran).
  CONTOH PENGISIAN
  Nama Sekolah         :  _______________   Kelas                   :  ______________
  Alamat                      :  _______________   Semester            :  1 (Satu)
  Nama                       :  _______________   Tahun Pelajaran :  ___________
  Nomor Induk/NISN  :  _______________                               
  CAPAIAN
   MATA PELAJARAN   |        Pengetahuan   |        Keterampilan   |        Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1dan KI 2)   |    |||
 (KI 3)   |        (KI 4)   |        Mata Pelajaran   |        Antar-   |    |||
 Mata Pelajaran   |    ||||||
 Kelompok   A   |       ||||||
 1   |        Pendidikan   Agama dan Budi Pekerti   |        A   |        A-   |        SB   |         Faris memperlihatkan sikap konsisten dan   sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap spiritual, jujur , dan  kerjasama, terutama dalam mapel Pendidikan   Agama dan Budi pekerti, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.   |    |
 2   |        Pendidikan   Pancasila dan Kewarganegaraan   |        A-   |        B+   |        B   |    ||
 3   |        Bahasa   Indonesia   |        A   |        A   |        SB   |    ||
 4   |        Matematika   |        A-   |        B   |        B   |    ||
 5   |        Ilmu   Pengetahuan Alam   |        B+   |        B+   |        B   |    ||
 6   |        Ilmu   Pengetahuan Sosial   |        B   |        B   |        B   |    ||
 7   |        Bahasa   Inggris   |        A-   |        A-   |        SB   |    ||
 Kelompok   B   |       ||||||
 1   |        Seni   Budaya    |        B+   |        B+   |        B   |    ||
 2   |        Pendidikan   Jasmani,Olah Raga,dan Kesehatan    |        A   |        A   |        SB   |    ||
 3   |        Prakarya      |        B-   |        C   |        B   |    ||
 Kegiatan ekstrakurikuler diisi dengan nilai kualitatif (A = sangat memuaskan,B = memuaskan,C = cukup memuaskan, dan K = kurang memuaskan) dilengkapi dengan keterangan nilai masing-masing ekstra kurikuler. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstrakurikuler.
  Contoh :
  Tabel 4 : rujukan Pengisisan Capaian Nilai Ekstrakurikuler
  Kegiatan   Ekstrakurikuler   |        Nilai   |        Keterangan   |      
 Praja Muda Karana   |        A      |        Sangat Memuaskan.   Juara LT I tingkat Provinsi   |      
 2.Usaha   Kesehatan  Sekolah (UKS)   |        B   |        Memuaskan, aktif   dalam setiap kegiatan   |      
 Kolom absensi diisi dengan rekap kehadiran penerima didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) .
  Contoh: 
  Tabel 5 : Contoh pengisisan kolom ketidakhadiran
  Ketidakhadiran   |      
 Sakit                      : 1  hari   |      
 Izin                       : -   hari   |      
 Tanpa   Keterangan  : -   hari   |      
 Lembar catatan deskripsi kompetensi mata pelajaran diisi dengan :
  a.    Identitas Satuan Pendidikan dan identitas penerima didik.
  b.    Catatan deskripsi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.
  c.    Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, sikap spiritual, dan sosial tiap mata pelajaran ditulis dengan terang dan rapi.
  d.    Contoh pengisisan lembar catatan deskripsi :
  No.   |        Mata Pelajaran   |        Kompetensi   |        Catatan   |    |
 Kelompok   A.   |    ||||
 7..   |        Bahasa   Inggris   |        Pengetahuan   |        Sangat   Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama dalam memahami tujuan,  dan susunan teks namun perlu lebih teliti dalam   memakai unsur kebahasaan yang baik dan benar   |    |
 Keterampilan   |        Sudah   terampil dalam memakai ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari, namun   perlu lebih berani lagi dan percaya diri   |    |||
 Sikap   Spiritual dan Sosial   |        Sudah   konsisten memperlihatkan sikap  beriman   bertaqwa, jujur, disiplin, kerjasama namun perlu peningkatan rasa percaya   diri.   |    |||
 Kelompok   B   |    ||||
 2   |        Pendidikan   Jasmani, Olahraga dan Kesehatan   |        Pengetahuan   |        Sudah   memahami semua konsep keterampilan, kecuali    |    |
 konsepgayahidupsehatuntukmencegahberbagaipenyakit.   Perlulebihdisiplindalammemahamikonsepgayahidupsehat..   |    ||||
 Keterampilan   |        Sudah   menguasai permainan dan olah raga, terutama mempraktikkan teknik dasar Dapat   diikutsertakan dalam lomba OSN tingkat kota.   |    |||
 Sikap   Spiritual dan Sosial   |        Sudah   pertanda perjuangan maksimal dalam setiap acara gerak jasmani, sportif dalam   bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. perlu terus   dikembangkan sikap  , sportif dalam   bermain danmenghargai perbedaan   |    |||
 Teknik pegisian lembar evaluasi laporan hasil berguru semester 2 (dua) sama dengan teknik pengisian lembar evaluasi laporan hasil berguru semester 1 (satu).
  Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan, dengan ketentuan minimal sebagai berikut :
  a.    Menyelesaikan seluruh acara pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
  b.    Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
  c.    Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.
  d.    Tidak terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada tiga mata pelajaran.
  e.    Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.
  Keterangan pindah/keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:
  a.    Tanggal ditetapkannya keluar dari Satuan Pendidikan.
  b.    kelas yang ditinggalkan pada dikala keluar dari Satuan Pendidikan.
  c.    Alasan keluar dari Satuan Pendidikan.
  d.    Tanggal penandatanganan legalisasi oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel. 
  e.    Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali penerima didik.
  Keterangan pindah/masuk satuan pendidikan diisi dengan :
  a.    Nama penerima didik yang masuk ditulis dengan abjad kapital.
  b.    Identitas penerima didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah gres (mutasi dari luar ke dalam Satuan Pendidikan).
  c.    Tanggal penandatanganan legalisasi oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel. 
  d.    Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali penerima didik.
  Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan :
  a.    Identitas penerima didik.
  b.    catatan prestasi yang menonjol pada bidang kurikuler (akademik), ekstrakurikuler (nonakademik), dan catatan khusus lainnya yang bekerjasama dengan sikap serta hal-hal yang selain kurikuler dan ekstrakurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan sebagainya). 
 
